Dies

Dies, Cetakan Aluminium Mengagumkan

Seperti halnya Mould yang merupakan bagian penting dalam dunia manufacturing, kedudukan dies juga tak akan lepas dari itu. Kalau Mould adalah adalah cetakan untuk produk plastik, maka Dies adalah cetakan untuk produk casting atau aluminium.

Bentuk dies adalah kotak balok yang di tengahnya terdapat contur sesuai yang kita harapkan dengan aksesoris di sana-sini. Jika di mould kita mengenal core (menonjol/cembung) dan cavity (melengkung/cekun), maka di dies disebut move (cembung) dan fix (cekung).

Untuk dies, move dan fix semuanya cavity. Artinya contur move dan fix dipoles semua sampai halus hingga grade amplas #320 atau setara oil stone (batu gosok) #400.

Die Casting biasanya untuk mencetak blok-blok dan cover mesin motor/mobil.

Komponen-komponen Dies :
1. Move Cavity
Komponen move cavity ialah insert cavity, body, body join, instalasi cooling, ejector pin, slide cor (tergantung jenis), die sleeve, plat C, pilar, balok penyangga, plat ejector atas, plat ejector bawah dll

2. Fix Cavity
Komponen pendukung fix cavity ialah insert cavity, ejector pin, body, balok penyangga, bushing, plat ejector atas, plat ejector bawah, instalasi cooling dll.

Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment